Sabtu, 12 November 2016

Cara untuk menaikkan selera makan yang paling efektif

| 07.47 |
Selera makan berkurang memang terlihat hanya masalah biasa, namun jika selera makan berkurang selama beberapa hari apakah merupakan hal biasa? Mungkin bagi seseorang yang sedang melakukan program diet menurunkan berat badan kondisi seperti itu baik baginya, karena dengan nafsu makan yang berkurang porsi makannya pasti juga akan berkurang sehingga perogram menurunkan berat badan dapat segera terwujud. Akan tetapi apakah kondisi seperti itu baik untuk seseorang yang sedang ingin menambah berat badanya??

Nafsu makan berkurang dapat menjadi hal serius, apalagi terjadi selama beberapa hari dan terjadi pada seseorang yang mempunyai berat badan kurus. Kondisi seperti ini tentu tidak baik dan harus dicarikan solusinya, supaya kesehatan tubuh tetap terjaga, dan rasa percaya diri juga ikut terjaga. Solusi atau cara terbaik untuk menaikkan serta menjaga selera makan adalah dengan selalu sarapan setiap pagi dan teratur dalam berolahraga.

Namun selain itu beberapa cara menaikkan selera makan juga dapat anda lakukan dengan mudah dan dengan cara sederhana, berikut beberapa cara menaikkan/menambah selera makan yang efektif dan menyehatkan:

Cara menaikkan selera makan secara cepat



cara untuk menaikkan selera makan


1. Siapkan makanan kesukaan

Beberapa alasan seseorang/anak kecil enggan kunjung makan atau selalu menunda-nunda waktu makan bisanya dikarenakan beberapa sebab, dan salah satu sebab tersebut adalah lauk pauk yang kurang lezat. Maka dari itu apabila nafsu makan anda berkurang cobalah untuk membeli atau memasak makanan kesukaan. Karena makanan kesukaan dapat menjadi salah satu cara alternatif untuk menaikkan selera makan, dengan adanya makanan kesukaan tentunya selera makan akan menjadi lebih meningkat.

2. Cobalah makan bersama teman/keluarga

Rasanya kurang bersemangat apabila makan tanpa ada teman atau keluarga yang menemani. Pernahkah anda memperhatikan tingkah laku disaat anak kecil sedang makan? Coba perhatikan ketika anak kecil sedang makan sendirian dan ketika anak kecil sedang makan dengan temannya. Pasti anda akan melihat anak kecil tersebut makan dengan lahap bila ada temanya, ya karena kondisi tersebut merupakan kondisi alamiah yang dapat terjadi pada semua orang. Untuk itu bagi anda yang merasa nafsu makan berkurang, cobalah mencari teman untuk menemani makan anda, karena hal tersebut merupakan salah satu cara untuk meningkatkan selera makan yang paling efektif.

3. Ciptakan suasana yang menyenangkan

Buatlah suasana makan anda menjadi menyenangkan, entah itu mendengarkan musik kenangan, menonton acara tv kesukaan, atau membicarakan masalah yang menyenangkan dengan keluarga. Karena hal-hal positif tersebut terbukti mampu menaikkan selera makan anda.

4. Hindari makan cemilan secara berlebihan

Memang rasanya ada yang kurang kalau sehari tidak makan makanan cemilan, apalagi ketika kita sedang menonton acara ditelevisi. Namun perlu anda perhatikan bahwa jangan terlalu banyak makan cemilan, karena jika terlalu banyak makan cemilan maka disaat makan utama nanti selera makan dapat berkurang. Ya selera makan tersebut menjadi kurang karena kita sudah merasa kenyang dengan makan semilan tadi. Untuk itu pastikan dalam porsi yang cukup saja makan cemilanya, tidak berlebihan, agar nafsu makan atau selera makan kita tidak berkurang.

5. Tambahkan bumbu penyedap pada masakan

Selera makan dapat bertambah dimulai dari apa yang kita hirup, aroma sedap pada masakan yang kita hirup tanpa sadar akan langsung membangkitkan/menaikkan selera makan. Maka dari itu ketika menyiapkan makanan, tambahkan bumbu atau rempah-rempah sebagai penyedap masakan. Salah satu bumbu rempah alami yang dianggap dapat membangkitkan selera makan adalah kayu manis, untuk itu gunakan kayu manis sebagai bahan alami untuk penyedap rasa dan aroma pada masakan.

6. Hindari terlalu banyak serat

Serat merupakan nutrisi yang terdapat pada sayur, gandum, dan buah-buahan. Zat ini merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk melancarkan sistem pencernaan. Bagi ana anda yang termasuk orang dengan tingkat nafsu makan yang rendah, sebaiknya jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat. Karena didalam memproses makanan yang kaya serat, tubuh membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan ketika mencerna makanan lain. Karena itulah serat dapat menjadikan Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga cenderung tidak cepat ingin makan.

7. Percantik penampilan makanan/masakan

Bagi anda yang gemar memasak cobalah untuk mempercantik penampilan makanan atau masakan anda, misalkan menggoreng ayam dengan tepung crispy, membentuk makanan kesukaan anak menjadi lebih menarik, memasak bakso dengan membentuknya seperti bunga, dan lain sebaginya. Meskipun terlihat sederhana namun ternyata hal tersebut dapat menaikkan selera makan lho.

8. Minum air putih

Air memang mempunyai manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh kita, tanpa air tubuh kita tidak dapat bekerja sebagimana mestinya. Untuk itu jangan lupakan minum air putih, bagi anda yang ingin meningkatkan selera makan cobalah minum segelas air satu jam sebelum dan satu jam sesudah makan. Tujuannya untuk membantu pencernaan serta mencegah perut terlalu penuh oleh makanan. Selain itu hindarilah minum terlalu banyak saat menjelang makan, supaya perut kita tidak kekenyangan.

9. Jangan lupa olahraga

Olahraga memang mempunyai manfaat banyak sekali untuk kesehatan tubuh, dan salah satunya adalah menaikkan selera makan. Kenapa bisa begitu? Karena ketika kita berolahraga tubuh akan membakar kalori, kalori yang terbakar tersebut tentu membutuhkan gantinya untuk menghasilakn energi. Nha itulah sebabnya kenapa kita akan merasa lapar sehabis berolahraga, nha rasa lapar tersebut tentunya akan membangkitkan selera makan kita.

Itulah beberapa cara efektif untuk menaikkan selera makan anda, dengan selera makan bertambah tentu makan pun akan menjadi lebih lahap dan terasa nikmat.

Baca juga: Manfaat madu untuk kesehatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top