Senin, 17 Oktober 2016

Cara alami menjaga agar perut tidak buncit

| 08.33 |
Cara alami menjaga agar perut tidak buncit - Memiliki perut bucit merupakan suatu masalah bagi semua orang entah dewasa maupun anak-anak, entah laki-laki ataupun perempuan. Perut buncit sendiri terjadi karena timbunan lemak yang berlebih diarea sekitar perut dan sekitar pinggang sehingga terlihat melebar dan kurang enak untuk dipanadang.

Selain menjadikan penampilan seseorang terlihat kurang enak dipandang ternyata memiliki perut buncit juga beresiko memicu terkena beberapa penyakit berbahaya seperti penyakit jantung, diabetes, dan stroke. Maka dar itu bagi anda yang memiliki perut rata atau tidak buncit lakukanlah pola hidup yang sehat, dengan melakukan pola hidup yang sehat insya Allah perut kita akan terjaga. Dan bagi anda yang mempunyai perut buncit berikut beberapa cara yang dapat anda lakukan supaya perut anda bisa mengecil.

Cara menjaga perut agar tidak buncit secara sehat

 





Cara alami menjaga agar perut tidak buncit



1. Olahraga secara teratur


agar perut tidak buncit


Salah satu cara menjaga agar perut tidak buncit yang pertama adalah dengan melakukan olahraga secara teratur, olahraga merupakan satu satunya cara yang sering direkomendasikan oleh dokter ataupun tenaga medis lainya. Denga melakukan olahraga secara teratur minimal 90 - 120 menit setiap minggunya dapat mejaga perut kita agar tetap rata/ideal. Olahraga yang baik adalah olahraga yang dilakukan beberapa kali dengan waktu yang lebih sedikit daripada hanya dilakukan 1 kali dengan durasi waktu yang lama.

Lari, Sit Up, senam dan renang merupakan olahraga yang disarankan untuk menjaga perut kita tetap rata/tidak buncit. Karena keempat olahraga tersebut memiliki banyak manfaat, seperti membakar lebih banyak kalori, memperbaiki keseimbangan tubuh, dan memperbaiki postur tubuh agar terlihat indah ideal. Bagi anda yang mempunyai perut buncit, silahkan melakukan olahraga tersebut secara teratur dan konsisten.

2. Makan makanan berserat




jenis makanan yang berserat


Makanan berserat merupakan makanan yang mengandung kalori sangat kecil atau tidak sama sekali dan sifatnya tidak dapat diproses oleh tubuh. Makanan berserat sendiri bisa kita dapatkan dari {buah-buahan} seperti buah apel, pir, pepaya, {sayuran} seperti sawi, bayam, brokoli, {biji bijian utuh} seperti jagung, {kacang-kacangan} seperti kacang almond, kacang tanah, kacang kedelai dan beras merah.

Makanan berserat tersebut mempunyai banyak manfaat seperti menurunkan kadar kolesterol, serta mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes. Selain itu karena tidak menghasilkan kalori maka sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan dan menghilangkan lemak dalam perut yang buncit. Untuk itu bagi anda yang ingin menjaga perut agar tetap rata dan ingin mengecilkan perut yang buncit sangat

direkomendasikan mengkonsumsi makanan berserat secara teratur.


3. Tidur yang cukup


cara agar perut tidak buncit


Menurut penelitian ahli medis bahwa tidur yang kurang dari lima jam ataupun tidur secara berlebihan dapat berpotensi menyebabkan timbunan lemak di sekitar organ-organ tubuh seperti perut, pinggang dan bahu. Kebutuhan tidur yang baik untuk orang dewasa adalah selama 8 jam setiap harinya. Untuk itu bagi anda yang menginginkan tubuh ideal maka cukupilah tidur anda secara teratur, begitupun sebaliknya jagan tidur secara berlebihan.

4. Hindarilah stres



cara agar perut tidak buncit:

Stres dapat diartikan sebagai kondisi seseorang yang disebabkan oleh keadaan biologis dengan situasi atau pun sesuatu yang diinginkan tidak sesuai. Penyebab yang sering kali membuat seseorang stress biasanya berhubungan dengan masalah pekerjaan, masalah rumah tangga dan masalah asmara. Menurut para ahli medis bahwa ketika stress terjadi tubuh akan melepaskan hormon kortisol, hormon yang berfungsi untuk membantu tubuh menyimpan lemak.

Dan apabila semakin banyak hormon kortisol yang dilepas maka penimbunan lemak akan semakin banyak. Maka dari itu kurangilah stress dengan membiasakan diri mengatur gaya hidup menjadi lebih sehat, pola makan teratur, olahraga, ataupun rekreasi. Hal-hal positif tersebut dapat membantu anda untuk mengurangi stress dan terhindar dari timbunan lemak berlebih pada tubuh.

5. Hindari makanan yang banyak mengandung lemak





cara mengecilkan perut buncit



Cara alami menjaga perut agar tidak buncit ataupun menghilangkan perut yang buncit yang terakhir adalah dengan menghindari makanan yang mengandung banyak lemak jenuh. Meskipun sebenarnya tubuh kita juga membutuhkan lemak agar berfungsi sebagaimana mestinya, dalam sehari tubuh kita membutuhkan lemak sebanyak 20% sampai 30% dari jumlah seluruh makanan yang kita konsumsi.

Ada 2 jenis lemak yang digolongkan, lemak jenuh dan lemak tak jenuh, kedua-duanya dapat memicu berbagai masalah kesehatan apabila dikonsumsi secara berlebihan, namun menurut ahli medis bahwa lemak jenuh akan lebih beresiko mendatangkan timbunan lemak berlebih pada tubuh dibandingkan dengan lemak tak jenuh. Untuk itu bagi anda yang menginginkan perut buncitnya hilang hindarilah makanan yang mengandung banyak lemak jenuh seperti daging sapi, kulit ayam, mentega, dan produk susu.

Karena keberadaan lemak juga dibutuhkan oleh tubuh maka konsumsilah makanan yang mengandung lemak tak jenuh dan bisa kita dapatkan pada buah alpukat, biji-bijian, kacang-kacangan, minyak zaitun. Meskipun lemak tak jenuh merupakan lemak yang baik akan tetapi konsumsilah dalam batas kewajaran/tidak berlebihan.

6. Kurangi nafsu makan


cara mengecilkan perut buncit



Timbunan lemak berlebih pada perut ataupun daerah sekitar perut pasti erat kaitanya dengan makanan, makan berlebih pasti akan memicu bertambahnya berat badan kita. Secara tidak langsung jika berat badan bertambah pasti timbunan lemak pada tubuh pun akan bertambah dan terutama pada perut.

Maka dari itu kurangilah nafsu makan anda, dengan mengurangi nafsu makan tentu kita tidak akan makan/ngemil secara berlebihan. Salah satu cara untuk mengurangi nafsu makan adalah dengan selalu berolahraga, selain itu menurut ahli medis bahwa nafsu makan dapat kita kurangi dengan banyak minum air putih, minum kopi/teh, dan makan buah ataupun sayur.


Sukses tidaknya mengenai cara alami menjaga perut agar tidak buncit seperti yang telah dijelaskan diatas tergantung usaha dan ketekunan anda, karena semua itu tidak ada yang serba instant, harus ada niatan dan usaha dengan sungguh-sungguh. Semoga sedikit informasi diatas dapat membantu menurunkan ataupun menjaga perut anda supaya tidak buncit..


baca juga: cara diet yang tepat dan sehat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top