Kamis, 20 Oktober 2016

Cara diet yang tepat cepat dan sehat

| 08.38 |
Gaya hidup masa kini yang serba selalu instant serta maraknya smartphone android menjadikan seseorang sering melakukan gaya hidup yang tidak sehat, seperti makan makanan yang serba instant dan terlalu banyak duduk untuk bermain handphone. Tanpa mereka sadari bahwa gaya hidup seperti itulah yang banyak menjadikan tubuh seseorang menjadi gemuk.

Dengan memiliki tubuh yang gemuk tentunya kebanyakan dari mereka mencari-cari cara untuk menurunkan berat badanya, melangsingkan perutnya, dan inngin memiliki tubuh ideal seperti sedia kala dengan cara berdiet. Tapi tahukah anda apa yang dimaksut dengan berdiet itu?

Apakah menurut anda berdiet itu tidak makan, atau mengurangi porsi makan, ataukan hanya makan sayur dan buah?

Diet sendiri berasal dari bahasa yunani yang artinya cara hidup, dan dalam bahasa indonesia bisa diartikan suatu program mengatur pola makan, baik porsi, ukuran, maupun kandungan gizi yang terdapat pada makanan yang dimakan sehingga kehidupan menjadi sehat dan mendapatkan perubahan bentuk tubuh menjadi lebih ideal.

Itulah pengertian dari cara diet yang tepat cepat dan sehat, karena diet yang baik harus menjadikan tubuh kita menjadi lebih sehat bukan malah menjadikan tubuh kita kekurangan asupan nutrisi maupun gizi yang dibutuhkan meskipun bentuk tubuh ideal yang kita harapkan sudah tercapai.

Sebelum program diet anda jalankan ada 4 faktor dasar yang harus diketahui:





1. Waktu makan

Kapan waktu makan yang baik disaat program diet berlangsung?? Dalam cara diet yang tepat cepat dan sehat berlangsung tidak ada waktu makan yang disarankan. Karena waktu makan program diet dengan waktu makan biasa sama saja, pagi {sebaiknya sebelum jam 8}, siang antara jam stngah 1 samapi jam 2}, dan malam {makan malam sebisa mungkin sebelum jam 7 malam}, dan jika diwaktu selain makan utama tersebut merasa lapar maka kita dapat makan cemilan yang kaya akan serat seperti buah apel.

Kebanyakan orang yang ingin mengurangi berat badanya berpikir bahwa jika setiap harinya kita menghapus/mengurangi jadwal makan maka berat badan akan cepat turun. Padahal belum tentu demikian, bisa jadi diwaktu-waktu sebelum jam makan tiba anda malah merasa lapar dan menyantap cemilan apapun tanpa mengetahui kandungan nutrisinya.

2. Apa yang dimakan

Salah satu cara diet yang tepat cepat dan sehat adalah mengetahui apa yang sebaiknya dimakan, menurut penelitian bahwa ketika berdiet jangan hanya makan sayur dan buah saja, cukupi juga asupan protein. Karena makanan yang mengandung banyak protein dianggap lebih mengenyangkan daripada makanan yang mengandung karbohidrat dan lemak. Selain itu, protein bisa mendorong pembakaran lemak serta mempertahankan massa otot tubuh kita sehingga tubuh kita terlihat lebih berisi.

Selain protein kita juga harus memperbanyak konsumsi makanan berserat, karena makanan berserat merupakan makanan mutlak yang harus banyak dikonsumsi ketika seseorang sedang melakukan program diet menurunan berat badan. Makanan berserat bisa kita dapatkan pada sayur dan buah seperti {sayuran} brokoli,wortel,bayam,kentang,kacang hijau,ubi jalar,jagung, {buah} jeruk,apel,pisang,pir,mangga,kiwi,jambu dan kurma. Sedangkan untuk protein bisa kita dapatkan pada daging sapi tanpa lemak, seafood, daging ayam tanpa kulit, kedelai, telur, kacang-kacangan, dan produk susu rendah lemak.

3. Seberapa banyak yang dimakan

Seberapa banyak makanan yang dimakan tidak ada patokanya, karena setiap makanan mempunyai kandungan gizi yang berbeda, dan setiap orang berbeda pula seberapa banyak kebutuhan makanan tiap harinya. Karena antara seseorang yang bekerja dibidang bangunan akan jauh lebih membutuhkan porsi makan lebih jika dibandingkan dengan seseorang yang bekerja di kantoran.

Jadi agar lebih mudah dalam mengukur seberapa banyak porsi makan yang harus kita makan sebaiknya mengurangi dari porsi harian/porsi normal sebelum kita melakukan program diet. Dan yang terpenting selalu ingatlah mengenai apa yang dimakan, kurangi/jauhi makanan yang mengandung banyak kalori maupun lemak ketika kita sedang berdiet.

4. Olahraga

Aktifitas/kegiatan yang satu ini sebenarnya merupakan kegiatan wajib yang harus dilakukan oleh semua orang, tidak hanya seseorang yang sedang menjalankan program diet menurunkan berat badan saja, seseorang yang menginginkan tubuh gemuk/berat badan bertambah pun juga wajib berolahraga. Karena manfaat olahraga sendiri tidak hanya meyehatkan tubuh, namun juga dapat membuat tubuh menjadi ideal.

Apabila kegemukan, dengan berolahraga secara rutin dan sungguh-sungguh maka lemak dalam tubuh akan terbakar sehingga berat badan menjadi turun, begitu pun sebaliknya apabila memiliki badan yang kurus, dengan berolahraga maka massa otot dalam tubuh akan bertambah sehingga berat badan juga bertambah dan tubuh menjadi lebih berisi.

Itulah 4 hal dasar yang perlu diketahui mengenai tata cara diet yang tepat cepat dan sehat, dan untuk lebih jelasnya mengenai menu makan harian seseorang yang ingin melakukan program diet sehat, contohnya sebagai berikut:


Menu makan diet yang tepat cepat dan sehat

 

cara diet yang tepat cepat dan sehat
gmbr dar wikipedia



1. Sarapan pagi

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa ketiak kita berdiet jangan hanya makan makanan yang berserat saja, karena tubuh kita juga memerlukan nutrisi lain supaya kesehatan kita tetap terjaga. Untuk program diet sehat sarapan pagi bisa berupa satu potong roti tawar dan telur rebus dan tambahkan sayuran seperti brokoli, wortel atau kacang panjang, dan susu rendah lemak.

Dengan menu sarapan seperti itu tentunya kesehatan tubuh kita tetap terjaga, karena sarapan mempunyai manfaat yang luar biasa bagi tubuh seperti membantu melindungi tubuh dari penyakit, meningkatkan kemampuan otak untuk berkonsentrasi, dan memberi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Jadi jangan lewatkan sarapan meskipun kita sedang menjalankan program diet menurunkan berat badan.


2. Makan siang


Selalu luangkan waktu untuk makan siang, sesibuk, dan segemuk apapun anda jangan meninggalkan makan siang meskipun anda sedang menjalani program diet menurunkan berat badan. Karena cara diet yang tepat dan sehat itu tidak menghilangkan jadwal makannya. Jika anda memang sedang berdiet sehat anda dapat mengkonsumsi makanan seperti sedikit nasi, ikan tuna, sayur dan buah serta air mineral. Dan yang perlu diingat adalah menghindari porsi yang berlebihan, secukupnya saja.


3. Makan malam

Makan malam sebaiknya dilakukan sebelum jam 7 malam, kenapa? karena apabila kita makan terlalu malam maka nutrisi pada makanan yang kita makan tidak dijadikan energi namun ditimbun dan dijadikan lemak. Oleh karena itu sebaiknya makan malam dilakukan sebelum jam 7 malam supaya nutrisi pada makanan tersebut bisa berubah menjadi energi sehingga tidak ada penumpukan lemak yang membuat tubuh menjadi gemuk.

Dan apabila kita sedang menjalani progarm diet menurunkan berat badan maka menu makan malam yang baik adalah berupa sayur dan buah, konsumsi saja sayur brokoli, sawi, atau bayam dan didampingi dengan buah seperti pisang, apel, atau jeruk. Karena sayur dan buah merupakan sumber serat, serat sendiri merupakan nutrisi yang tidak dapat dicerna tubuh dan baik untuk sistem pencaernaan.


Kunci sukses diet tepat cepat dan sehat adalah tidak menghapus jadwal makan, makan tepat waktu, makan makanan berserat dan berprotein, lakukan secara teratur, konsisten dan jangan lupa untuk berolahraga secara rutin dan minum air putih.

Baca juga: olahraga yang cepat menggemukan badan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top