Selasa, 11 Oktober 2016

Inilah olahraga paling cepat menurunkan berat badan

| 08.19 | ,
Jenis olahraga paling cepat menurunkan berat badan - Olahraga merupakan suatu aktifitas fisik yang dilakukan secara berulang ulang untuk melatih fisik maupun psikis agar terciptanya kesehatan jasmani dan rokhani. Karena didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat pula {Mens Sana in Corpore Sano}.


Banyak jenis olahraga yang dapat kita lakukan, entah itu berlari, bersepeda, senam dan lain sebagainya. Semua olahraga tersebut tentunya bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Selain untuk menjaga kesehatan tubuh, adakah olahraga yang diperuntukkan untuk menurunkan berat badan?

Menurut para ahli dibidang kesehatan ada beberapa jenis olahraga yang diperuntukkan untuk menurunkan berat badan. Olahraga tersebut tentunya yang paling banyak membakar kalori dalam tubuh, apalagi olahraga itu tercatat lebih banyak membakar kalori dari pada kalori yang kita makan sehingga berat badan pun akan berkurang. Dan berikut beberapa jenis olahraga yang dipercaya lebih cepat untuk menurunkan berat badan.

Jenis olahraga paling cepat menurunkan berat badan



1. Berlari


 olahraga paling cepat menurunkan berat badan


Berlari merupakan olahraga yang mengandalkan otot kaki sebagai tumpuan, akan tetapi semua otot tubuh pun ikut bergerak sehingga lemak dalam tubuh kita akan terbakar.  Menurut penelitian berlari dengan kecepatan 8 km/jam akan membakar sekitar 295 kalori. Apabila kita ingin menurunkan berat badan dengan memilih olahraga yang satu ini mulailah dengan waktu yang biasa saja, jangan langsung memaksakan berlari secara berlebihan. Misalnya saja sekitar 10 menit setiap harinya, jika dirasa sudah terbisa makan kita bisa menambah waktunya menjadi 20 menit setiap harinya atau sekitar 60-90 menit dalam seminggu supaya bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Senam aerobik


Senam aerobik merupakan olahraga yang sangat bermanfaat dalam meningkatkan aliran oksigen ke otot dan jantung, selain itu masih banyak manfaat yang dapat diambil dari senam aerobik tersebut. Dan tentunya manfaat lain yang dimaksut adalah menurunkan berat badan secara cepat sehingga membuat tubuh ideal.

Jika anda ingin menurunkan berat badan dan memilih olahraga ini lakukanlah dalam intensitas waktu sebentar namun sering, maksutnya menurut penelitian senam aerobik yang dilakukan 20 tiap hari lebih banyak mendatangkan manfaat dari pada melakukanya 3 hari sekali dengan intensitas waktu 1 jam.

3. Bersepeda



cara menurunkan berat badan


Bersepeda merupakan aktifitas fisik yang banyak mendatangkan banyak manfaat, banyak manfaat yang dapat kita ambil dari aktifitas tersebut. Menurunkan berat badan salah satu manfaat yang bisa kita dapatkan dari aktifitas bersepeda, dengan catatan dilakukan secara rutin dan teratur.

Berapa lama kita harus bersepada supaya berat badan cepat turun? Menurut penelitian bersepeda selama 2,5 jam dalam seminggu secara rutin dan teratur memiliki dampak positif bagi kesehatan tubuh. Namun jika anda belum pernah/belum terbiasa, lakukanlah dengan intensitas waktu sebntar dahulu, misalnya saja 1 jam - 1,5 jam dalam seminggu.
4. Berenang


tips menurunkan berat badan


Berenang merupakan aktifitas fisik yang menyenangkan dan banyak mendatangkan manfaat, tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan jasmani, tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan rokhani, karena dengan berenang kita akan selalu merasa gembira. Manfaat lain dari berenang adalah menurunkan berat badan dan menjaga tubuh agar tetap ideal. Selain itu berenang juga sangat bermanfaat untuk merangsang tubuh tumbuh secara maksimal, apalagi jika dialakukan pada anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Menurut penelitian berenang dapat membakar 720 kalori pada wanita, dan juga 840 kalori pada pria dalam waktu 1 jam, karena ketika tubuh didalam air akan lebih membutuhkan tenaga untuk bergerak. Oleh karena itu kalori yang dibakar lebih banyak dibandingkan dengan olahraga yang lain.

5. Olahraga permainan

olahraga menurunkan berat badan


Jenis olahraga yang terakhir yang dipercaya cepat menurunkan berat badan adalah olahraga perminan, olahraga permainan disini meliputi sepak bola, voli, basket, dan lompat tali. Bagi anda yang menginginkan penurunan berat badan secara cepat bisa mencoba salah atu olahraga ini, karena selain menyehatkan olahraga permainan terbukti mampu menghilangkan stress dan membuat kita bergembira.

Itulah 5 jenis olahraga paling cepat dalam hal menurunkan berat badan, semoga sedikit artikel diatas dapat bermanfaat. Dan yang harus diingat, konsultasi dengan dokter terlebih dahulu sangat disarankan jika kita ingin memulai olahraga tersebut, terlebih lagi bagi seseorang yang mempunyai riwayat penyakit tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top