Kamis, 13 Oktober 2016

Penyebab kegemukan selain makan yang harus kita waspadai

| 08.51 |
Penyebab bertambahnya berat badan seseorang yang membuat tubuh menjadi gemuk salah satunya adalah karena makanan, karena apabila seseorang makan dengan porsi yang besar maka kalori yang diterima pun juga akan besar. Padahal syarat utama jika kita menginginkan tubuh yang ideal harus mengatur pola makan supaya antara kalori yang masuk dari makanan yang kita makan harus seimbang dengan kalori yang kita keluarkan untuk beraktifitas.


Meski begitu bertambnya berat badan menjadi gemuk tidak selalu berasal dari apa yang kita makan. Karena masih ada faktor lain yang dapat menyebabkan tubuh seseorang mejadi gemuk dan jarang kita sadari. Berikut sedikit informasi mengenai penyebab kegemukan selain dari makanan yang kita makan.

 Inilah 5 penyebab kegemukan selain yang harus kita tahu

penyebab badan kegemukan


1. Faktor genetik/keturunan

Faktor genetik, gen merupakan faktor pembawa sifat yang diturunkan dari orang tua kepada anaknya, atau bisa juga dari kakek/nenek ke cucunya, karena belum tentu kedua orang tua bertubuh gemuk anaknya juga akan gemuk, bisa juga anak tersebut mempunyai tubuh kurus karena memiliki gen dari kakek/neneknya.

Tidak hanya postur tubuh yang gemuk, faktor genetik yang diturunkan bisa berupa postur tubuh kurus, golongan darah, sifat, dan lain sebagainya. Selain postur tubuh, contoh lain bisa berupa {mohon maaf} kepala botak, hidung mancung, alis tebal dan lain sebagainya.


2. Tidak pernah olahraga

Olahraga salah satu aktifitas yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita, selain itu manfaat lain dari olahraga adalah mengontrol berat badan menjadi ideal tidak kurus maupun tidak gemuk. Kenapa jika kita rajin olahraga tubuh kita tidak kurus? karena dengan olahraga massa otot dalam tubuh kita menjadi lebih kuat sehingga badan kita lebih berisi. Dan kenapa jika rajin olahraga tubuh kita tidak bisa gemuk? Ya karena dengan olahraga lemak dalam tubuh akan terbakar, sehingga berat badan kita akan ideal.

Dan tentunya semua itu harus dilakukan secara teratur dan konsisten tidak hanya sekali atau dua kali saja, olahraga akan terlihat manfaatnya apabila kita mau konsisten melakukanya secara teratur.

3. Mengkonsumsi obat-obatan tertentu

Selain kedua penyebab diatas masih ada penyebab lain yang jarang diketahui, penyebab tersebut adalah mengkonsumsi obat-obatan tertentu. Menurut ahli medis bahwa ada beberapa obat yang dapat memicu pertambahan berat badan, obat-obat tersebut antara lain antidepresan, obat untuk penyakit migrain, tekanan darah tinggi, diabetes, dan pil KB.

4. Penyakit

Takut rasanya jika mendengar kata penyakit, Menurut para ahli medis ada beberapa penyeakit yang daapat memicu perubahan hormon yang dapat menjadi penyebab kegemukan. Penyakit yang dimaksut para alhi medis tersebut antara lain Hipotiroidisme, Sindrom Cushing, dan Sindrom Ovarium Polikistik (SOPK) "semoga kita semua dihindarkan dari semua penyakit tersebut".

5. Gaya hidup yang tidak sehat

Gaya hidup yang tidak sehat masuk dalam daftar terakhir penyebab kegemukan selain makan, yang dimaksut dari gaya hidup yang tidak sehat antara lain: kurang tidur dan tidur hingga larut malam.

Kurang tidur sendiri kaitanya dengan penambahan berat badan karena saat kita kurang tidur kadar hormon dalam tubuh yang bisa meningkatkan rasa lapar dan nafsu makan akan meningkat. Sehingga  rasa lapar tersebut selalu mendorong kita supaya makan tanpa mengontrol jenis makanan apa yang kita makan.

Dan kaitanya tidur hingga larut malam dengan penambahan berat badan adalah, apabila kita sering tidur hingga larut malam pasti akan merasakan lapar dan ingin mengkonsumsi sesuatu makanan. Dan yang sering dijadikan makanan alternatif bisanya mie instant, padahal mie instant sendiri mempunyai kandungan kalori yang lebih banyak dibandingkan dengan nasi putih.


Itulah 5 penyebab kegemukan selain makan yang harus kita waspadai, solusi terbaik untuk mengatasi sgala penyebab diatas tentunya kita harus selalu makan makanan yang sehat, tidur yang cukup, gaya hidup yang sehat, dan olahraga secara teratur. Dengan begitu Insya Allah berat badan kita akan ideal dan tubuh selalu sehat.

Baca juga: cara alami menjaga agar perut tidak buncit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top