Kamis, 27 Oktober 2016

Pola makan sehat agar cepat gemuk

| 09.47 |
Pola makan sehat agar cepat gemuk | Tidak harus makan makanan mahal dan juga tidak pula harus makan dengan jumlah porsi yang besar jika ingin berat badan kita bertambah. Karena faktor agar berat badan kita bertambah bukan karena itu saja. Banyak faktor yang mempengaruhi seperti olahraga yang cukup, tidur cukup dan teratur dan yang palin penting adalah mengatur pola makan. Mengatur pola makan yang baik, sehat, dan benar, dari gizinya, porsinya maupun waktu makannya supaya berat badan kita bertambah atau cepat gemuk.

Apakah pola makan itu? Sebelumnya perlu anda ketahui apa yang dimaksut pola makan itu, menurut DEPKES RI {2009} pola makan dapat diartikan sebagai pengaturan jumlah dan jenis makanan yang dimakan dengan maksut atau tujuan tertentu seperti menggemukkan badan, melangsingkan badan, mencegah atau membantu kesembuhan penyakit.

Ya itulah yang dimaksutkan pola makan menurut DEPKES RI {2009}, Bisa juga kita simpulkan bahwa pola makan yang baik adalah dengan mengatur kandungan gizi yang dibutuhkan tubuh agar selalu sehat. Jadi jika anda mempunyai tubuh yang kurus dan menginginkan menjadi gemuk makanlah makanan yang bergizi, selain itu yang harus kita garis bawahi adalah jam makanya. Jam makan yang baik untuk menambah berat badan adalah makan lebih sering.

Maksut dari makan lebih sering seperti yang dijelaskan diatas makstunya, biasanya seseorang dalam sehari makan sebanyak 3 kali namun kita tambah menjadi 5-6 kali dalam sehari dengan porsi yang lebih kecil dari biasanya. Karena menurut ahli medis makan lebih sering dengan porsi yang lebih sedikit lebih baik untuk menambah berat badan dibandingkan makan dengan porsi yang besar namun tidak sering .

Contoh menu pola makan agar cepat gemuk




Pola makan sehat agar cepat gemuk


SARAPAN JAM 7 PAGI

Sarapan mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh sperti menjaga tubuh supaya tetap sehat dan terjaga dari ancaman bibit penyakit. Selain itu sarapan pagi juga terbukti mampu meningkatkan kemampuan otak untuk berkonsentrasi, maka jangan meninggalkan sarpan pagi meskipun anda sedang buru-buru apalagi bagi anda yang menginginkan berat badan bertambah.

Untuk menu makan sarapan pagi anda bisa makan apa saja, yang jelas mengacu pada makanan 4 sehat 5 sempurna, sebagai contoh nasi, telur rebus/dadar, sayur kacang, buah pisang/alpukat, dan susu.

MAKAN JAM 10 PAGI

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa jika ingin cepat gemuk maka pola makan harus kita perhatikan,  makanlah lebih sering dengan porsi yang lebih sedikit dari biasanya, maka dari itu jam 10 pagi usahakan untuk makan, jika anda seorang karyawan kantor/karyawan lainnya yang tidak sempat makan maka dapat diganti dengan cemilan sehat seperti kentang rebus, singkong rebus, kacang, jagung rebus, atau yoghrut.

MAKAN SIANG

Makan siang merupakan makan utama yang tidak boleh anda tinggalkan jika tidak mempunyai sebab yang yang pasti, karena makan kandungan gizi/nutrisi makan siang akan sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk melakukan aktifitas. Makanan yang kita makan nutrisinya akan langsung diserap tubuh dan dijadikan tenaga untuk menjalankan aktifitas.

Pola makan sehat agar cepat gemuk maka porsi makan siang harus memenuhi kandungan gizinya, seperti makanan yang mengandung protein, karbohidrat, dan vitamin haruslah ada. Sebagai contoh nasi, daging/ikan/tempe/tahu, buah, sayur, dan air mineral. Anda juga bisa menambahkan madu pada menu makan siang anda, karena madu sendiri mempunyai banyak manfaat dan salah satunya sebagai mengatasi masalah kekurangan gizi.

MAKAN JAM 3 SORE

Seperti pada nomor 2 tadi jika anda tidak sempat makan maka anda bisa mengkonsumsi cemilan sehat yang mengandung karbohidat/protein, bisa daging, buah kurma/alpukat, kacang, atau bisa juga minum susu.

MAKAN JAM 6 SORE

Jika anda mempunyai waktu luang, anda bisa makan dengan menu seperti biasa, nasi lauk-pauk, sayur dan juga buah, namu dengan porsi yang sedikit saja. Makan lebih sering dengan porsi yang sedikit lebih efektif untuk menambah berat badan menurut para ahli medis.

MAKAN MALAM JAM 8-9

Yang terakhir adalah makan malam, makan malam merupakan makanan penentu supaya cepat gemuk, dikatakan penentu karena kandungan nutrisi pada makanan tersebut sedikit sekali digunakan tubuh dijadikan energi unuk beraktifitas. Karena pada malam hari seseorang akan kunjung tidur dan tidak melakukan aktifitas berat sehingga nutrisi pada makanan yang kita makan akan disimpan dalam tubuh.

Untuk itu meskipun anda menginginkan tubuh agar cepat gemuk hindarilah makanan yang mengandung banyak lemak, konsumsilah banyak makanan yang mengandung protein. Karena protein akan sangat membantu sitem maetabolisme tubuh, menu makan malam yang bisa anda makan contohnya nasi, daging tanpa kulit, sayur, buah dan juga susu.


Itulah sedikit pola makan sehat agar cepat gemuk yang bisa anda terapkan sehari-hari pada program menambah berat badan, selain itu tidur teratur, kurangi bergadang, minum air putih dan rutin berolahraga juga perlu dilakukan agar tubuh tetap sehat terjaga.

baca juga:madu untuk menambah berat badan



1 komentar:

  1. Thx utk infonya..jgn lupa mampir yuk ke http://elementmtb.com/ini-dia-beberapa-makanan-yang-baik-untuk-goweser-agar-recovery-tubuh-lebih-cepat/

    BalasHapus

Back to Top